Thursday, 22 November 2012
Pembaharuan Logo Wonderful Indonesia
Apabila diperhatikan seksama logo pariwisata Indonesia mengalami pembaharuan. Dalam hal ini tepatnya berupa reposisi logo "Wonderful Indonesia" dengan masih mengedepankan simbol rentangan sayap burung garuda sebagai branding yang paling menonjol bagi Indonesia. Melalui logo baru tersebut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ingin memperkuat pesan “Wonderful Indonesia” sebagai janji pariwisata Indonesia kepada dunia untuk memberikan pengalaman baru yang menyenangkan dan bisa dikenang wisatawan.
Pembaharuan logo ini menekankan gaya yang luwes melalui gambar tanpa sudut yang bermakna keseimbangan, keselarasan manusia di Bumi, sekaligus melambangkan pariwisata berkelanjutan. Lambang burung garuda sendiri diadaptasi dari desain sebelumnya yang merupakan simbol lambang negara.
Bulu lima warna pada burung garuda dipertahankan dengan masing-masing warna yang memiki makna. Warna biru melambangkan kesemestaan, hijau sebagai kreativitas dan ramah pada alam, jingga lambang inovasi dan semangat pembaruan, ungu simbol daya imajinasi dan keimanan, serta magenta merupakan simbol keseimbangan akal sehat dan sifat praktis. Rentangan sayap garuda pada logo ini memiliki makna hasrat kuat untuk terbang jauh sekaligus perlambang kedamaian.
Pembaharuan logo nampak juga pada tulisan "Wonderful Indonesia" yang diletakkan lebih ke depan dengan menonjolkan unsur grafisnya. Tulisan "Wonderful Indonesia" tersebut diperbesar ukurannya dan posisi burung garuda diletakkan lebih ke atas. Sebelumnya tulisan "Wonderful Indonesia" letaknya berada di belakang logo burung garuda dan berukuran lebih kecil. Unsur grafis yang ditonjolkan adalah mempertegas tulisan Indonesia dengan warna hitam serta mengurangi kadar warna hitam pada "Wonderful" menjadi lebih abu-abu.
Ada tambahan baru pada logo yang baru ini, yaitu pencantuman alamat website www.indonesia.travel pada bagian bawah logo. Pencantuman ini sesuai tren dunia yang menuntut kecepatan akses informasi melalui internet 24 jam sehari sepanjang tahun. Untuk itulah mengapa peran website pariwisata diletakkan pada posisi strategis untuk mempromosikan Indonesia ke dunia.
sumber: indonesia.travel
Logo sebelumnya:
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment