Tuesday 1 February 2011

Bali : Persiapan

Bali tak ada matinya. Komoditas utama pariwisata Indonesia ini selalu dikerumuni orang. Tak ada masa liburan untuk menarik wisatawan ke Bali (bahkan saat Nyepi sekalipun). Sepertiga wisatawan asing yang datang ke Indonesia tersedot oleh kemolekan Pulau Dewata. Objek wisata di Bali teramat banyak, mulai dari Pantai Kuta yang tersohor hingga menjulangnya Gunung Agung. Tak dapat dipungkiri inilah pulau yang selalu hidup untuk terus memanggil para pelancong.

Januari lalu, saya dan kakak sepupu saya menyempatkan berlibur di Bali. Kami berkelana di Bali selama enam hari enam malam. Rencana kami adalah mengunjungi objek wisata di Bali mulai dari selatan hingga utara dan kemudian ke wilayah timur pulau. Nah karena rencana perjalanan kami yang mengeksplor sebagian besar pulau ini, kami berpindah-pindah tempat menginapnya. Di dua malam pertama menginap di Adhi Jaya Hotel Kuta. Kemudian malam ketiga di Narasoma Homestay Ubud. Malam keempat di Abian Homestay Sanur, dan terakhir kembali ke Kuta di Aneka Beach Hotel.

Awalnya sih mau ala budget traveler, tapi sepertinya out of our prediction deh karena ada sponsor, hihihi asik. Tiket AirAsia udah di tangan sejak pertengahan Desember dengan rate PP untuk dua orang Rp1.640.000 (di luar bagasi) yang dibeli di agen resmi AA Kelapa Gading.
Sebenernya ada promo tuh, jadi hanya sekitar Rp1.240.000 tapi pas saya tanya tentang harga promo yang itu katanya mesti lewat website dan bayar pake kartu kredit atau internet banking bank apa gitu, hasrat udah menggunung untuk dapet tiket ya sudahlah dibeli saja, toh ini pengalaman pertama mengurus tiket sendiri dan tak memiliki kartu kredit jadi kalo ada sedikit kerikil yang mengganggu masih dikmaklumi
Malam sebelum berangkat udah packing, bawaan saya cuma ransel yang biasa dipakai kuliah dan tas selempang kecil titik. Esoknya saya kami tiba di Bandara Soekarno-Hatta dua jam sebelum penerbangan. Maskapai LCC yang kami tumpangi beroperasi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Terminal 3 ini sebenarnya digunakan dua maskapai, hanya satu yang beroperasi dan yang satu lagi sedang tidur alias restrukturisasi, jadi berasa sepi banget, tetapi saya suka dengan Terminal 3 ini yang bisa dibilang modern dan ok banget.

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng

Sampai di sana check-in di loket AA
Saat check-in Anda harus menunjukkan bukti pembayaran dan tanda pengenal Anda kemudian Anda akan diberi tiket yang tertulis zona menunggu dan seat Anda di pesawat serta terakhir meletakkan bagasi bagi yang sudah memesan bagasi atau membeli bagasi
Setelah check-in Anda akan melewati pintu pembayaran airport tax. Penerbangan domestik dikenakan tax sebesar Rp40.000 dan tiket Anda akan diberi stiker tanda telah membayar tax. Setelah urusan selesai, saatnya menunggu untuk boarding. Sekitar 30 menit menunggu dilanjutkan dengan boarding. Di pintu boarding, Anda menunjukkan tiket Anda dan duduk di zona yang dikatakan oleh petugas maskapai bersangkutan. Tak lama kemudian terbang ...!

Bali from the plane

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...