Thursday 9 February 2012

Semarang: Pengalaman Pertama Naik Kereta Bisnis

KA Fajar Utama Semarang

Kamis, 19 Januari 2012 lalu sedikit berbeda. Saya sudah siap sejak pagi buta untuk packing. Pagi itu saya akan menuju Semarang dilanjut Jogja selama 6 hari. Pukul 7.00 saya sudah tiba di Stasiun Pasar Senen. Dalam perjalanan kali ini saya memilih menggunakan kereta bisnis, KA Fajar Utama Semarang. Cukup deg-degan karena saya belum pernah naik kereta bisnis untuk jarak jauh. Bahkan saking deg-degannya saya sampai mencari di internet bagaimana pengalaman naik kereta bisnis.

Pukul 7.15 saya naik ke kereta. Penumpang di dalam kereta tidak banyak saat saya naik. Saya meletakkan tas di atas dan duduk tenang sampai menunggu kereta mulai jalan. Kesan pertana saya begitu memasuki kereta adalah sesuai yang saya pikirkan. Tidak ada AC, tidak ada tv kabel kereta, dan pedagang atau pengamen dengan mudah lalu lalang di dalam kereta. Sebenarnya bukan masalah tidak ada AC atau tidak ada tv, yang membuat saya kurang nyaman adalah bukan penumpang yang berseliweran keluar masuk kereta. Ini membuat tingkat kewaspadaan saya meningkat.

Kereta mulai meninggalkan Stasiun Pasar Senen tepat pukul 7.30. Para pedagang dan pengamen masih tertinggal di kereta dan terus menjajakan barang dagangan mereka dan suara mereka. Hingga akhirnya tiba di Stasiun Bekasi pukul 8.00 mereka semua turun. Dan mulai saat itu suasana kereta menjadi tenang dan saya dapat menikmati pemandangan selama perjalanan dengan merasa lebih tenang.

Pukul 10.00 kereta tiba di Stasiun Jatibarang dan berhenti cukup lama. Ternyata hal ini memberikan kesempatan KA Argo Muria (tujuan Semarang juga) untuk mendahului. KA Argo Muria itu kereta eksekutif yang biasa saya naiki jika ke Semarang. Kemudian semenjak berhenti di Stasiun Jatibarang, kereta ini cukup sering berhenti di stasiun-stasiun berikutnya.

Akhirnya setelah menempuh 7 jam perjalanan (kira-kira 1 jam lebih lambat jika naik kereta eksekutif), sampai juga di Stasiun Semarang Tawang. Ada satu catatan mengenai pengaaman naik kereta bisnis ini, yaitu harga yang saya bayarkan sebanding dengan apa yang saya dapatkan.

rute Jakarta - Semarang

4 comments:

  1. besok juga pengalaman pertamaku. tapi gak deg-degan malah excited. saking senengnya sampe search pengalaman naik KA bisnis hehe TFS

    ReplyDelete
  2. K2-nya namanya apaan, mbak? Darimana kemana? Bogienya apa? Lokomotifnya apa? K2-nya seri berapa? Nomor KA-nya berapa? Pakai KM2, MP2, atau KMP2? Berapa kecepatan sudut rodanya? AC-splitnya berapa V?

    ReplyDelete
  3. Naik ABA cuma 5 jam, dan KA Bisnis ber-AC juga, dan tak ada Asongan sekarang

    ReplyDelete
  4. Lho, mas, itu nomor seri K2 nya beneran 08201? Itu serius bogienya Pennsylvania???

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...