Sunday 4 December 2011

Sand Sculptures Festival di Taman Budaya Sentul City


Inilah pagelaran Festival Patung Pasir pertama di Indonesia yang berskala internasional sekaligus terbesar di Asia Tenggara. Sand Sculptures Festival akan digelar pada 18 Desember 2011 hingga 28 Januari 2012 di Alam Fantasia, Taman Budaya Sentul City, Bogor. Acara ini dibuka setiap hari pukul 11.00 hingga jam 19.00 WIB.

Festival ini mengambil tema “Wonders of Indonesia and Wonders of World” dengan menghadirkan 22 perupa pasir ahli dari 11 negara, yaitu: Belanda, Amerika, Inggris, Ukraina, Itali, Mexico, Spanyol, Belgia, Republik Ceko, Singapura dan Jepang. Mereka akan berkreasi dengan 2400 ton pasir pilihan yang didatangkan dari Cilegon. Sand sculpting sendiri adalah sebuah seni dan bisa disebut itu jika hanya menggunakan pasir dan air.

Akan ada dua tenda besar seluas masing-masing 800 meter persegi sebagai tempat patung pasir dipamerkan. Tenda pertama bertema “Wonder of Indonesia” yang mewakili ikon dan bangunan Indonesia. Sementara itu, tenda kedua bertema “Wonder of the World” yang mewakili replika bangunan-bangunan terkenal di dunia.

Selain melihat keindahan patung dari pasir, akan ada juga paket edutainement untuk anak sekolah yaitu belajar cara membuat patung pasir dan membuat desain patung.

Sand Sculptures Festival pertama dan terbesar di Asia Tenggara ini merupakan hasil kerja sama World Sand Sculpting Academy (WSSA) dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI serta Sentul City. WSSA adalah organisasi dunia yang berbasis di Belanda dan biasa menyelenggarakan ajang-ajang sand sculpture internasional. WSSA juga sekaligus sekolah bagi para perupa pasir. Bagi WSSA, ini adalah yang pertama kalinya mereka membuat patung pasir dengan tema Indonesia

Akan ada sekitar 40 patung yang dibuat memakan waktu 2 minggu hingga satu bulan. Anda dapat menikmati replika bangunan ternama di dunia dan Indonesia dari pasir yang mirip aslinya. Akan ada bangunan Taj Mahal, Pyramid, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Badak Bercula Satu, wayang, barong, rumah gadang, hingga komodo. Tiket masuk festival ini di hari biasa Rp50.000,00 dan pada Sabtu dan Minggu adalah Rp75.000,00.

Sand Sculptures Festival diharapkan mampu menjadi sarana komunikasi dan informasi promosi wisata Indonesia termasuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Festival ini juga ditujukan untuk membuka wawasan baru dalam bidang seni yang berpotensi besar di kembangkan di Indonesia.

Keterangan lebih lanjut silahkan kunjungi laman berikut.

www.sandsculpture.co.id
www.wssa.info
Facebook : Sand Art Indonesia

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...