Saturday, 7 January 2012

ASEAN: Logo dan Slogan Pariwisata Negara ASEAN

Layaknya sebuah produk barang/jasa, pariwisata merupakan salah satu "jualan" negara-negara di dunia untuk meningkatkan pendapatan negara. Negara-negara di Asia Tenggara pun gencar memasarkan potensi wisata yang ada di negaranya untuk menarik para turis dari seluruh dunia. Pemasaran merupakan salah satu faktor penting untuk dapat menyukseskan program pemerintah untuk mendukung pariwisata sebuah negara. Dan branding adalah salah satu cara untuk mendukung pemasaran wisata. Hal ini dilakukan dalam bentuk tagline/slogan dan logo. Berikut slogan wisata negara-negara ASEAN beserta dengan logonya.

(alphabetically)
1. Brunei - Brunei, The Green Heart of Borneo

website: bruneitourism.travel






Walaupun bukan satu-satunya negara yang bisa mengklaim The Green Heart of Borneo, Brunei mengklaim sebagai negara yang paling terjaga kelestarian hutannya di Pulau Kalimantan. Subslogan A Kingdom of Unexpected of Treasurers muncul merujuk Brunei sebagai negara kesultanan yang belum banyak dikunjungi (pada tahun 2009 jumlah turis asing yang berkunjung ke Brunei masih di bawah 200.000 orang).

2. Cambodia - Cambodia, Kingdom of Wonder

website: tourismcambodia.com









Kamboja menggunakan Angkor Wat sebagai logo pariwisatanya karena memang selama ini Angkor Wat-lah objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan dunia. Sekitar satu juta pengunjung datang setiap tahunnya ke Angkor Wat. Jumlah ini hampir 50% dari seluruh turis asing yang datang ke Kamboja. Tidak salah jika Angkor Wat menjadi objek pemasaran wisata Kamboja.

3. Indonesia - Wonderful Indonesia

website: indonesia.travel









Slogan Wonderful Indonesia baru diperkenalkan awal 2011 menggantikan Visit Indonesia dengan tetap mengusung logo burung garuda warna-warni. Kemenparekraf mengusung 5 kriteria Wonderful Indonesia: Wonderful Nature, Wonderful Culture, Wonderful People, Wonderful Food, Wonderful Value for Money. Bentuk logo mengambil konsep Garuda Pancasila sebagai lambang negara. Branding ini sepertinya sukses mengangkat wisata Indonesia dengan peningkatan jumlah turis asing hampir 10% pada 2011.

Baca lebih lengkap mengenai logo

4. Laos - Laos, Simply Beautiful

website: tourismlaos.org







Laos mengusung slogan Simply Beautiful. Dengan logo bunga Dok Champa atau yang dikenal dengan frangipani. Bunga ini merupakan bunga nasional Laos yang sering digunakan untuk menyambut tamu yang hadir atau dekorasi dalam pesta-pesta. Bagi masyarakat Laos, Dok Champa berarti kebahagiaan dalam hidup dan ketulusan (Joy in life and sincerity). Serta bayangan Wat (Buddhist temple) pada bunga yang menunjukkan simbol religius serta daya tarik wisata Laos.

5. Malaysia - Malaysia Truly Asia

website: tourism.gov.my








Malaysia Truly Asia merupakan salah satu branding slogan pariwisata paling sukses di Asia. Pariwisata menjadi salah satu sumber pemasukan utama Malaysia. Tak dapat dipungkiri, dengan pemasaran yang gencar ke seluruh dunia, Malaysia mampu menggaet 24 juta wisatawan asing dan menjadi yang tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Slogan wisata Malaysia ini bahkan memperoleh beberapa penghargaan, salah satunya sebagai ‘Best Long Term Marketing and Branding Campaign Gold Awards’ pada Asian Marketing Effectiveness Awards 2008.

6. Myanmar - Mystical Myanmar

website: myanmar-tourism.com


Slogan pariwisata Myanmar adalah Mystical Myanmar. Slogan ini diusung karena Myanmar merupakan destinasi wisata paling misterius dan belum banyak dieksplor di seluruh dunia. Untuk logo sebenarnya tidak dapat menemukan yang official, logo di atas diambil dari header di website resmi pariwisata Myanmar.

7. Philippines - It's More Fun in The Philippines

website: itsmorefuninthephilippines.com






It's More Fun in The Philippines adalah slogan baru yang akan akan digunakan sebagai promosi wisata mulai tahun 2012. Slogan ini menggantikan WOW Philippines yang sudah digunakan sejak 2002. Dengan slogan dan logo yang lebih fresh, pemerintah Filipina menargetkan kunjungan wisatawan asing di 2012 ini sebanyak 4,2 juta orang. Slogan ini menuai kontroversi karena Swis menggunakan slogan yang sama sejak tahun 1951.

8. Singapore - Your Singapore

website: yoursingapore.com











Your Singapore diluncurkan pada 2010 menggantikan brand lama, Uniquely Singapore. Slogan ini merupakan buah riset antara Singapore Tourism Board dengan agensi terkait. Logo baru pariwisata Singapura ini sendiri menunjukkan bentuk negara Singapura dengan warna-warninya. Ada sebuah perdebatan kecil di media sosial mengenai slogan Your Singapore karena penduduk asli Singapura merasa Singapura menjadi milik siapa saja.

9. Thailand - Amazing Thailand, Always Amazes You

website: tourismthailand.org






Slogan Amazing Thailand merupakan salah satu slogan pariwisata tersukses di dunia. Thailand menggunakan slogan ini sejak tahun 1997 hingga kemudian diikuti negara-negara lain di Asia Tenggara. Berkat konsistensinya dalam memasarkan pariwisata, Thailand menjadi salah satu destinasi wisata primadona di Asia Tenggara. Subslogan Always Amazes You merupakan penguat slogan utama dan mulai dipakai sejak 2010. Pada 2009, subslogan Thailand adalah Amazing Value karena pada tahun itu dunia sedang diguncang krisis finansial.

10. Vietnam - Vietnam, Timeless Charm

website: vietnamtourism.com









Vietnam Timeless Charm merupakan sogan baru Vietnam menggantikan slogan lamanya, Vietnam The Hidden Charm. Slogan ini digunakan untuk promosi wisata 2012 hingga 2015. Pada tahun 2011, wisatawan asing yang berkunjung ke Vietnam sebanyak 6 juta dan ditargetkan pada 2012 mampu menarik 6,5 juta wisatawan asing.

ASEAN Tourism - Southeast Asia, Feel The Warmth


website: asean-tourism.com



Pada Januari 2012, slogan dan logo pariwisata ASEAN diubah menjadi Southeast Asia, Feel The Warmth (sebelumnya Asia's Perfect 10 Paradise). Branding baru ini diluncurkan pada pelaksanaan ASEAN Tourism Forum di Manado, Indonesia. Pada ajang tersebut juga disepakati pembentukan ASEAN Tourism Market Research Group yang bertugas menganalisis tren pemasaran, situasi, dan masa depan pariwisata ASEAN.

info lebih lanjut: southeastasia.org

------
Di-edit kembali pada 29 Mei 2012

5 comments:

  1. Terima kasih atas infonya... Salam dari Melaka, Malaysia

    ReplyDelete
  2. .sebaiknya logo indonesia di ganti menjadi WONDERFULL INDONESIA, ACTUALLY ASIA.,

    ReplyDelete
  3. Terimakasih atas informasi berharga ini, Mas/Mbak.
    Sangat bermanfaat. :Salam kenal. :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...