Monday 16 April 2012

Itinerary Seminggu di Halmahera Barat

Itinerary singkat perjalanan di Halmahera Barat selama seminggu

Sepertinya tak akan ada yang menyia-nyiakan kesempetan langka mengunjungi Negeri Rempah-rempah ini. Pastinya tiap orang akan memnfaatkan waktu mereka sebaik mungkin dan memadatkan jadwalnya. Itinerary singkat perjalanan di Halmahera Barat selama seminggu (13 – 20 Mei 2012):

13 Mei 2012 : Tiba di Bandara Baabullah Ternate sepagi mungkin, ini lah waktu untuk menikmati keindahan pluralisme Indonesia. Setelah menikmati kuliner pagi di Ternate, saya akan langsung menyeberang ke Jailolo dan bersosialisasi dengan masyarakat Jailolo. Saya akan mencari tahu budaya masyarakat Jailolo, adat istiadatnya, kearifan lokal, dan juga nostalgia mereka akan kejayaan Maluku sebagai pusat rempah-rempah dunia. Saya juga akan menyempatkan mengunjunggi Kedaton Kesultanan Jailolo.

14 Mei 2012 : Saya akan mengikuti Lomba Sapu Laut dan juga Pembukaan Festival Teluk Jailolo 2012. Malam hari saya akan menyaksikan lomba seni budaya dan bercengkerama dengan para peserta juga pengunjung.

15 Mei 2012 : Sepertinya tak ada yang mau melewatkan Fun Diving di hari kedua festival ini. Walaupun saya belum bisa diving, snorkeling di surga bawah laut ini sepertinya juga sangat menyenangkan. Menjelang petang, saya akan mencari sunset terindah di pulau ini.

Underwater Halmahera Barat
sumber: travel.detik

16 Mei 2012 : Di hari keempat di Maluku, pagi-pagi sekali saya akan menumpang berlayar dengan perahu nelayan menuju Sidangoli dan tracking untuk melihat sendiri Burung Bidadari di habitat aslinya. Kemudian saya akan menuju ke Loloda untuk menikmati Air Terjun Kahatola dan menemukan sunset di Pantai Loloda.

17 Mei 2012 : Di hari ini, saya akan mengikuti Pameran Rempah untuk mengenal lebih jauh kekayaan rempah-rempah di Maluku. Kemudian menikmati Festival Ikan Bakar. Saya juga akan mengikuti Upacara Bersih Laut yang diadakan di Pantai Bobo dan Pulau Buabua.

Upacara Bersih Laut
sumber: festivaltelukjailolo.com

18 Mei 2012 : Hari ini kembali menikmati kuliner Maluku di Pesta Kuliner Tradisional. Di acara Horom Sasadu ini saya akan menikmati cita rasa lokal, hmm. Kemudian inilah salah satu acara yang saya tunggu-tunggu, Spice Trip, saya akan banyak belajar dan mengetahui sejarah rempah-rempah di Maluku dan kejayaannya. Saya akan mengunjungi perkebunan rempah-rempah dan merasakan menjadi petani rempah-rempah.

19 Mei 2012 : Hari ini saya akan pesta rempah-rempah di Parade Rempah-rempah. Saya akan melihat atraksi para petani rempah juga koleksi kekayaan rempah mereka. Daaaan saya juga akan hunting foto di acara yang sangat saya tunggu-tunggu, Cabaret on The Sea. Menikmati perpaduan modern dan tradisional di sini. Sulit membayangkan apa yang akan saya rasakan. Kalau bisa saya juga akan memakai pakaian festival.

Cabaret on The Sea
sumber: festivaltelukjailolo.com

20 Mei 2012 : Di hari terakhir di Maluku ini, saya akan menikmati Kota Ternate dan sekitarnya. Saya akan menikmati kuliner Ternate, berkunjung ke Danau Tolire, hunting foto Pulau Maitara dan Pulau Tidore, mengunjungi Benteng Oranje dan Benteng Tolukko, mampir ke Kedaton Sultan Ternate, menyempatkan salat di Masjid Sultan Ternate, dan mencari oleh-oleh khas Ternate. Hari ini akan menjadi hari terindah karena saya akan kembali ke Jakarta membawa segudang pengalaman.

Jika saya belum berkesempatan ke Maluku tahun ini, maka saya akan menjadikan Maluku sebagai destinasi prioritas saya. Dan suatu saat nanti, pasti saya akan ke Maluku.

1 comment:

  1. wah, sampai ketemu di sana ya! saya rencananya tanggal 12 sudah sampe Ternate, tapi baru nyebrang ke Jailolo minggu/senin

    mungkin nanti bisa bareng kalau saya jadi nyebrang di hari minggu :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...