Tuesday 28 June 2011

Festival Layang-Layang Pangandaran 2011

Siapkan waktu Anda tanggal 16-17 Juli 2011 untuk berkunjung ke Pangandaran. Selain menikmati panorama indah lanskap alamnya, Anda juga akan disuguhi pagelaran Pangandaran International Kite Festival 2011. Di sini telah menunggu langit biru yang indah bersama ratusan layang-layang hias modern dan tradisional mengudara di cakrawala.

Festival Layang-Layang Pangandaran 2011 akan bertempat di Lapangan Ketapang Doyong Pantai Timur Pangandaran. Festival Layang-Layang Pangandaran juga akan diisi acara pameran, eksibisi, dan pertujukan kesenian tradisional Jawa Barat.

Sejumlah peserta dari dalam negeri maupun dari luar negeri akan hadir dalam event tahunan ini. Pesertanya tahun 2011 mengalami peningkatan jumlah peserta. Ada 12 negara yang sudah mengkonfirmasi ikut serta yaitu dari Asia, Eropa, dan Amerika. Total jumlah peserta sebanyak 250 orang meliputi 50 peserta dari luar negeri dan 200 peserta asal Indonesia yang datang dari 13 provinsi.

Peserta yang hadir dari luar negeri adalah orang yang benar-benar hobi layang-layang, bukan sekadar turis yang kebetulan datang berwisata ke Pangandaran. Kategori lomba adalah kompetisi Kategori 2D, 3D, Rokaku, Train, Sport, Tradisional, Tanpa Rangka (Balon), dan kategori lainnya termasuk adu layang-layang.

Tujuan festival layang-layang ini adalah untuk mempromosikan wisata pantai Pangandaran sebagai destinasi wisata unggulan Jawa Barat. Pangandaran pun telah dijadikan ikon nasional sebagai daerah strategi pengembangan wisata dengan harapan semakin merangsang kunjungan wisatawan, terutama mancanegara.

Pangandaran merupakan primadona destinasi wisata pantai di Jawa Barat. Lokasinya terletak di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran, berjarak sekitar 92 km arah selatan kota Ciamis. Di pantai ini Anda dapat menyaksikan terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama. Pantainya memiliki air yang jernih dengan jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan Anda berenang dengan aman didukung tim penyelamat wisata pantai. Ada juga hamparan pantai pasir putih dengan taman laut dengan fauna yang memesona.

Sekadar berjalan-jalan pun sudah cukup menyenangkan karena jalannya beraspal mulus dan penerangannya memadai di malam hari. Tempat wisata Pangandara memiliki beragam fasilitas penunjang meliputi hotel melati hingga bintang 5 dengan harga bervariasi, restoran, penginapan, dan pondok wisata dengan tarif bervariasi. Tersedia pula bumi perkemahan, sepeda dan ban renang sewaan, parasailing dan jetski, bioskop, diskotik, pramuwisata, serta Pusat Informasi Pariwisata. Anda yang dari Bandung dan Jakarta telah tersedia transportasi udara dengan Susi Air di Bandara Nusawiru Cijulang.


Informasi lebih lanjut:
Dinas Pariwisata Jawa Barat
Jl . RE Martadinata No. 209 Bandung
Jawa Barat

www.disparbud.jabarprov.go.id
www.mypangandaran.com

Sumber:
indonesia.travel

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...