Saturday 11 June 2011

Sawahlunto: Museum Goedang Ransoem

Museum Goedang Ransoem

Terletak di Jalan Abdul Rahman, Museum Goedang Ransoem merupakan salah satu objek wisata bersejarah di Kota Sawahlunto. Museum Goedang Ransoem dahulunya merupakan dapur umum yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1918 untuk menyuplai makanan bagi para pekerja tambang batubara dan rumah sakit. Pemanfaatan kemajuan teknologi dalam sistem memasak berskala besar sudah hadir di Sawahlunto sejak awal abad ke-20, bahkan merupakan yang pertama di Indonesia.

Museum Goedang Ransoem merupakan cerminan sejarah masa lalu yang direpresentasikan melalui beberapa galeri yang hadir di dalam lingkungan Museum Goedang Ransoem, yakni Galeri Etnografi dan Galeri Foto Tempo Dulu. Ada pula Galeri Malaka yang hadir sebagai bentuk kerjasama sister city antara Kota Sawahlunto dengan Negeri Melaka (Malaysia). Ditambah adanya IPTEK Center untuk memenuhi keingintahuan anak-anak di bidang sains dan teknologi.

Museum Goedang Ransoem buka hari Selasa hingga Minggu dari pukul 08.00 – 17.00. Harga tiket untuk anak-anak adalah sebesar Rp2.000 dan Rp4.000 untuk dewasa. Ketika Anda memasuki museum, Anda akan digiring oleh petugas museum ke sebuah ruangan nyaman ber-AC untuk menyaksikan video profil Museum Goedang Ransoem. Setelah itu Anda akan masuk ke ruang pameran peralatan masak dengan ukuran yang luar biasa besar. Di samping terdapat Galeri Foto Tempo Dulu mengenai Dapur Umum ini dan Kota Sawahlunto.

Di seberang, ada sebuah bangunan letak Galeri Etnografi berada. Di galeri ini ditampilkan pakaian-pakaian adat dari berbagai daerah yang ada di Sawahlunto. Ditampilkan pula dekorasi pengantin khas Minang. Ke luar dari Galeri Etnografi kita dapat memasuki Galeri Melaka. Di Galeri Malaka ini ditampilkan sejarah dan pariwisata Melaka sebagai bentuk ikatan kerjasama antardua kota. Terdapat pula buku-buku dan brosur-brosur mengenai Kota Melaka.

Sebuah bangunan di samping Galeri Melaka adalah IPTEK Center yang dibangunan untuk memnuhi keinginan anak-anakn di bidang sains dan teknologi. Di IPTEK Center ini dilengkapi dengan berbagai macam peralatan dan permainan. Museum Goedang Ransoem dengan berbagai macam isinya adalah tempat yang wajib Anda kunjungi ketika Anda berada di kota batubara, Sawahlunto.

Galeri Foto

Galeri Etnografi

Galeri Melaka

IPTEK Center

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...